Kamis, 23 Februari 2012

Manfaat Keanekaragaman Hayati


        I.            Kopetensi Dasar                  : mengomunikasikan keanekaragaman hayati indonesia
                                                          dan, usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
      II.            Topik                                             : Manfaat keanekaragaman hayati
    III.            Tujuan                                          :
1.     Mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan dan hewan dilingkungan sekitar
2.     Mengidentifikasi manfaat atau kemungkinan manfaat tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar.

    IV.            Alat dan Bahan
1.     Tumbuhan liar

      V.            Langkah kerja
1.     Mengidentifikasi tumbuhan tersebut, tentukan jenisnya
2.     Identifikasi bagian apa dari tumbuhan dan hewan tersebut yang dapat dimeanfaatkan oleh manusia sebagai sumber pangan, perumahan, bahan baku industri, dan obat-obatan
3.     Catatlah perbedaan yang tampak
 VI.            Tabel hasil penemuan
No
Nama Tumbuhan
Bagian Tubuh
Manfaat
1
Rotan
Batangnya
Bahan industri
2
Jati
Batangnya
Bahan bangunan
3
Benalu teh
Tangkai
Antikanker
4
Jeruk nipis
Daun
Obat batuk
5
Jambu biji
Daun
Obat diare
6
Kumis kucing
Daun
Pelancar air mani
7
Delima putih
Kulit buah
antikuman
8
Kunyit
Rimpang
Radang hati, radang sendi, antiseptik
9
Seledri
Sluruh bagian
Antitekanan darah tinggi
10
Temulawak
Rimpang
Obat radang hati kronis
11
Sirih
Daun
Antikuman
12
Padi
Biji
Makanan
13
Jagung
Biji
Sumber makanan
14
Singkong
Umbi
Makanan
15
Rumput laut
Seleruh bagain
Kosmetik
16
Babmbu
Batang
Bangunan
17
Kelapa
Batang
Bangunan
18
Kelapa sawit
Buah
Minyak
19
Jarak
Buah
Minyak
20
Sagu
Batangnya
Makanan

A.     Kajian Teori
Manfaat dari pengembangan keanekaragaman hayati antara lain:

1.     Manfaat dalam Ekonomi
Jenis hewan (fauna) dan tumbuhan (flora) dapat diperbarui dan dimanfaatkan secara berkelanjutan. Beberapa jenis kayu memiliki manfaat bagi kepentingan masyarakat Indonesia maupun untuk kepentingan ekspor, misalnya saja kayu jati jika di ekspor akan menghasilkan devisa bagi negara. Beberapa tumbuhan juga dapat dijadikan sebagai sumber makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin serta ada tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat-oabatan dan kosmetika. Sumber daya yang berasal dari hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan untuk kegiatan industri. Dua pertiga wilayah Indonesia adalah perairan yang dapat dijadikan sumber daya alam yang bernilai ekonomi. Laut, sungai, dan tambak merupakan sumber-sumber perikanan yang berpotensi ekonomi. Beberapa jenis diantaranya dikenal sebagai sumber bahan makanan yang mengandung protein.

2.     Manfaat dalam Ekologi
Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekosistem yang sangat penting, misalnya hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan yang penting bagi bumi, antara lain: a. Merupakan paru-paru bumi Kegiatan fotosintesis hutan hujan tropis dapat menurunkan kadar karbondioksida (CO2) di atmosfer, yang berarti dapat mengurangi pencemaran udara dan dapat mencegah efek rumah kaca. b. Dapat menjaga kestabilan iklim global, yaitu mempertahankan suhu dan ke lembaban udara. Selain berfungsi untuk menunjuang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme memiliki peranan dalam ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat digantikan oleh jenis yang lain. Sebagai contoh, burung hantu dan ular di ekosistem sawah merupakan pemakan tikus. Jika kedua pemangsa ini dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan di mana-mana terjadi hama tikus.
3.     Manfaat dalam Farmasi
Manusia telah lama menggunakan sumber daya hayati untuk kepentingan medis. Selain pengobatan tradisional, pengobatan moderenpun sangat tergantung pada keragaman hayati terutama tumbuhan dan mikroba. Sumber daya dari tanaman liar, hewan dan mikroorganisme juga sangat penting dalam pencarian bahan-bahan aktif bidang kesehatan.  Banyak obat-obatan yang digunakan saat ini berasal dari tanaman;  beberapa antibiotik, berasal dari mikroorganisme, dan struktur kimia baru ditemukan setiap saat.
4.     Manfaat dalam Ilmu pengetahuan dan Teknologi
Kekayaan aneka flora dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum dipelajari dan belum diketahui manfaatnya. Dengan demikian keadaan ini masih dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan pengetahuan dan penelitian bagi berbagai bidang pengetahuan. Misalnya penelitian mengenai sumber makanan dan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan. Keanekaragaman hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Masih banyak yang bisa dipelajari tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya hayati secara lebih baik, bagaimana menjaga dasar genetik dari sumber daya hayati yang terpakai, dan bagaimana untuk merehabilitasi ekosistem yang terdegradasi.  Daerah alami menyediakan laboratorium yang baik sekali untuk studi seperti ini, sebagai perbandingan terhadap daerah lain dengan penggunaan sistem yang berbeda, dan untuk penelitian yang berharga mengenai ekologi dan evolusi.  Habitat yang tidak dialih fungsikan seringkali penting untuk beberapa pendekatan tertentu, menyediakan kontrol yang diakibatkan oleh perubahan mengenai sistem pelelolaan yang berbeda dapat diukur dan dilakukan
Di negara kita Indonesia, keanekaragaman hayati merupakan sumber daya yang penting bagi pembangunan nasional. Sejumlah besar sektor perekonomian nasional tergantung secara langsung ataupun tak langsung dengan keanekaragaman flora-fauna, ekosistem alami dan fungsi-fungsi lingkungan yang dihasilkannya. Keanekaragaman hayati ini juga merupakan anugerah terbesar bagi masyarakat Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia.
 Manfaat yang dapat diperoleh dari besarnya keanekaragaman hayati bagi masyarakat kita antara lain adalah
 (1) Merupakan sumber kehidupan, penghidupan dan kelangsungan hidup bagi umat manusia, karena potensial sebagai sumber pangan, papan, sandang, obat-obatan serta kebutuhan hidup yang lain
 (2) Merupakan sumber ilmu pengetahuan dan tehnologi
(3) Mengembangkan sosial budaya umat manusia. Pemanfaatan keanekaragaman hayati bagi masyarakat ini harus dilakukan secara berkelanjutan yaitu manfaat yang tidak hanya untuk generasi sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan dating. Oleh karena itu, mari kita lestarikan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar kita agar dapat dimanfaatkan oleh generasi yang akan datang.

  VII.            Kesimpulan
Di dunia ini keanekaragaman hayati sangatlah bermanfaat bagi kehidupan kita ini. Dari data diatas banyak beragam jenis tanaman yang beragam manfaatnya bagi kehidupan kita ini. Tnpa itu semua kebutuhan akan kehidupan ini akan tidak stabil, maka dari itu untuk dapat terus memanfaatkannya kita harus melestarikan serta merawat tamanan-tanaman yang ada disekitar kita, dengan demikian kita mampu mempertahankan kelangsungan hidup ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan dikomen gan \(^.^)/... keep your smile (^_^)